1. TEMPLATE ERROR: LHS of numeric is null before 39 in data:blog.pageType == "index"

tab menu

Senin, 04 Maret 2013

Pergeseran Strategi Bisnis

Dari tahun ke tahun perkembangan strategi bisnis semakin berubah ke arah kerjasama yang lebih nyata, ibarat duel fisik manusia, saat ini tidak lagi mengandalkan adu secara fisik, tapi sudah mengarah pada bagaimana caranya membangun kekuatan untuk menaklukan tenaga lawan.

Strategi dengan menggunakan metode manajemen kompetisi sudah semakin ditinggalkan, karena metode ini jika saat ini masih digunakan hanya akan membuang-buang waktu, energi bahkan tidak jarang bisa kehilangan banyak angka financial, karena sementara rival bisnis kita sudah
menggunakan metode kolaborasi ( colaboration ), mereka sudah memiliki kekuatan penuh untuk bersaing, brand, image, financial dan sebagainya.

Kolaborasi (collaboration), pepatah nenek moyang kita ibarat ikatan sapu lidi, bayangkan satu helai lidi mampukah menyapu satu helai daun di permukaan tanah…?, susah sekali untuk menggesernya…, tapi bayangkan bila 50 – 100 helai lidi diikat menjadi satu ikatan…?, sekarang anda gerakan sapu yang terdiri dari 50 – 100 helai lidi tadi ke daun yang ada di permukaan tanah itu…, sekali anda hempaskan sapu itu, daun akan bergeser jauh.

Bagaimana dengan dunia bisnis kita…?, bayangkan jika bisa dan mau berkolaborasi tentu akan sangat mudah menyingkirkan pesaing-pesaing kita.

Sony yang kita kenal adalah produsen elektonik terkenal dengan keunggulan suaranya, produknya antara lain adalah Televisi, radio tape, VCD, DVD, kamera SLR, tapi untuk produk handpone sepertinya lahan mereka bukan disitu.

Ericcson adalah perusahaan yang sama di bidang elektronik juga, tapi basisnya di produk handpone, brand Ericcson sepertinya kurang familiyar di telinga pasar.
Ternyata kedua perusahaan raksasa ini bergabung alias berkolaborasi, jadilah Sony Ericcson.

Kita juga kenal dengan merk air mineral AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) AQUA saat ini merajai pangsa pasar khusunya di Indonesia, setelah mereka berkolaborasi dengan produsen food dari Francis Danone, mereka semakin menguasai pangsa pasar untuk produk AMDK.

Pergeseran Strategi Bisnis

Kompetisi             Kerjasama             Kolaborasi

Ayo kita berkolaborasi karena dengan berkolaborasi kita bangun kekuatan yang dahsyat. Lantas bagaimana dengan dunia bisnis online…?, bagaimana siap berkolaborasi…?


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar